PENGERTIAN ORGANISASI PERGELARAN Terbaru dan Terlengkap

hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan dan Rekan perjuangan akan membagikan ilmu Perkuliahan dan Materi SD,SMP dan SMA yang admin pernah pelajari dalam perjalanan hidup admin. semua akan terangkum secara singkat dan menarik.semoga terbantu.
PENGERTIAN ORGANISASI  PERGELARAN Terbaru dan Terlengkap


1.    ORGANISASI  PERGELARAN
Adalah system yang digerakkan oleh sekelompok orang yang bertugas mengelola suatu pergelaran. Secara umum, organisasi pergelaran  terbagi menjadi dua, yaitu organisasi pergelaran bidang Produksi dan organisai pergelaran bidang artistik.

A.  Manajemen Pergelaran Bidang Produksi
Manajemen Pergelaran Bidang Poduksi Terdiri atas bidang-bidang berikut ini:

a.  Produser
Adalah orang yang paling berkuasa ( bertanggung jawab) atas penyelenggaraan suatu pertunjukan / pergelaran.

b.    Seksi Transportasi
Memiliki peran yang sangat besar dalam sebuah pergelaran karena berfungsi untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pergelaran, termasuk pemain dan semua kru.

c.    seksi Dokumentasi
Sarana dokumentasi di maksudkan untuk mengabadikan semua aktivitas pergelaran, bahkan bisa digunakan sebagai bahan evaluasi. Bermacam-macam jenis sarana dokumentasi diantaranya kamera video, kaset tape recorder, dan kamera digital.

d.    Seksi Publikasi
Keberhasilan suatu pergelaran juga tergantung dari peran bagian humas yang mempublikasikan berbagai informasi kepada seksi publikasi atau masyarakat tentang sebuah pergelaran teater.

e.    Seksi Konsumsi
Seksi Konsumsi Juga Merupakan Pendukung yang sangat penting, karena makanan adalah salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Para pemain harus dalam keadaan sehat dan melakukan aktivitasnya, sehingga harus di tunjang dengan makanan yang bergizi.

f.    Petugas Tiket
Suatu Pergelarang sangat terkait dengan adanya tiket pertunjukan. Petugas penjual tiket harus bersikap ramah untuk menarik simpati para pembeli.

g.    Tim Medis
Tim Medis bertugas mengawasi kesehatan para pemain dan bersiaga jika ada pemain yang mengalami gangguan kesehatan. Hal ini sangat penting karena tidak mungkin  pemain akan melekukan pementasan pentas dalm keadaan sakit.

h.    Petugas Khusus
Petugas khusu pada dasarnya sama dengan petugas pelaksana, namun dia memiliki kekhususan dalam tugasnya yang tidak boleh melakukan pekerjaan lain diluar tugasnya.

B.  Manajemen Pergelaran Bidang Artistik

Manajemen Pergelaran Bidang Artistik Terdiri atas bidang-bidang berikut.

ü  Sutradara / Pimpinan Artistik
Adalah orang yang menguasai (tanggung jawab) terhadap materi pertunjukan, serta berhak mengatur dan mengolah materi sajian agar menarik dan enak dinikmati. Dalam menangani sebuah pementasan sutradara dibantu oleh penata tari (koreografer), penata musik (composer), dan pimpinan pentas (stage majarer).
o   Penata Tari / Koreografer
Adalah orang yang membantu sutradara dalam hal penataan gerak. Dalam menjalankan tugasnya, koreografer dibantu oleh beberapa pelatih tari.
o   Penata musik/Komposer
Adalah orang yang bertugas menata music sebagai pendukung sebuah pergelaran, baik berupa music, ilustrasi ataupun music irinagn. Baik buruk dan berhasil tidaknya sebuah pergelaran juga di tentukan oleh music pendukung.


C.    Pimpinan Pentas / Stage Manager
Merupakan penguasa tunggal diatas pentas selama pertunjukan berlangsung. Dalam menjalankan tugasnya, stage manager dibantu oleh kerabat kerja pentas (stage crew) diantaranya :
          a.    Penata panggung (Scenographer)
          b.    Penata Cahaya (Light designer/Lighting man)
          c.    Penata Suara (Soun Enginering/ Soun Man)
          d.    Penanggung Jawab Properti
          e.    Petugas Pelaksana
          b.    Penata Rias Dan Busana
Seorang penata rias dan busana harus benar-benar menguasi berbagai macam bentuk karakter tokoh yang akan dimainkan actor, serta harus mengetahui berbagai alat jenis riasan dan pepaduan warna make up, sehingga bisa menampilkan watak yang diinginkan. Demikian pula dalam menata kostum, dia harus paham akan latar belakang tokoh dalam cerita yang ditampilkan.

baca juga artikel pelajaran lainnya di Blog Prestasi Siswa Modern ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »