PELAKU USAHA SENI PERTUNJUKAN Terbaru dan Terlengkap

hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan dan Rekan perjuangan akan membagikan ilmu Perkuliahan dan Materi SD,SMP dan SMA yang admin pernah pelajari dalam perjalanan hidup admin. semua akan terangkum secara singkat dan menarik.semoga terbantu.
PELAKU  USAHA  SENI  PERTUNJUKAN Terbaru dan Terlengkap


1.  PELAKU  USAHA  SENI  PERTUNJUKAN
a.    Produsen/Seniman
Produsen atau Seniman adalah sekelompok orang atau pribadi yang berusaha untuk menciptakan sebuah karya seni.Seorang seniman harus memiliki misi dalam berkarya.

b.    Konsumen / Penikmat
Konsumen atau penikmat adalah sekelompok orang yang memberikan reaksi dan apresiasi terhadap sebuah pementasan. Sekelompok orang tersebut datang ke sebuah degung untuk menyaksikan pertunjukan yang sedang berlangsung sehingga mereka disebut penonton.

c.    Patron ( Donatur )   
Sekelompok orang, pribadi, organisasi, yayasan,atau lembaga pemerintah yang memiliki tujuan untuk mendukung dan menghidupkan kesenian, misalnya untuk pelestarian dan pengembangan kesenian.

d.     Sponsor
Adalah perusahaan atau pribadi yang mendukung kegiatan kesenian, terutama dalam hal finansial (dana keuangan), dengan ikatan kerja sama saling menguntungkan.

e.     Pengelola / Manajer
Adalah lembaga, organisasi, badan usaha atau perorangan yang mengomunikasikan karya-karya seni pada masyarakat. Ia mengelola karya-karya seni agar dapat dinikmati oleh konsumen.


f.    Kritikus Seni/Pengamat Seni
Adalah seseorang yang mengamati proses pembuatan hingga penyajian karya seni dan membuat ulasan tentang bobot karya yang telah disajikan. seorang kritikus diharapkan dapat menjebatani seniman dan penonton.
baca juga artikel pelajaran lainnya di Blog
Prestasi Siswa Modern ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »