20 Contoh Kalimat Kritik dan Saran Beserta Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Penyampaiannya

hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan dan Rekan perjuangan akan membagikan ilmu Perkuliahan dan Materi SD,SMP dan SMA yang admin pernah pelajari dalam perjalanan hidup admin. semua akan terangkum secara singkat dan menarik.semoga terbantu.
20 Contoh Kalimat Kritik dan Saran Beserta Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Penyampaiannya


Adalah masalah penganalisa dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi atau membantu memperbaiki pekerjaan. Atau kritik adalah tanggapan yang di sertai dengan uraian dan pertimbangan baik-buruknya sesuatu atau pendapat.


Ciri-ciri Kritik yaitu:
1.     Diutarakan setelah ada seseorang yang mengutarakan suatu materi atau pendapat.
2.    Berupa kalimat yang mendukung ataupun tidak mendukung suatu pendapat orang lain, namun seringkali tidak mendukung.


Cara Penyampaian Kritik yaitu:
1.     Bersifat objektif bukan emosional
2.    Di sampaikan dalam kalimat yang logis dan efektif
3.    Sebelum menyampaikan kritik hendaknya memberi pengantar terlebih daluhu yang berfungsi sebagai tumpuan ide
4.    Di sertai dengan alasan yang logis
5.    Penyampaian menggunakan bahasa baku


Contoh Kritik:
“ Saudara Ketua OSIS, laporan yang telah anda utarakan sangat panjang dan juga mendetail. Namun, saya tidak dapat menemukan satu kalimat pun dalam laporan yang menyatakan bahwa OSIS selama kepimpinan saudara pernah mengalami suatu peristiwa kelam, yaitu unjuk rasa seluruh siswa karena pembelian kendaraan operasional OSIS dalam hal ini motor yang tidak sesuai dengan program OSIS. Oleh karena itu, kami mohon penjelasan saudara dan pencantuman hal tersebut dalam laporan, Terima Kasih. ”


Saran
Adalah pendapat yang di kemukakan untuk di pertimbangkan dengan harapan dapat memberikan perbaikan yang membangun dan positif.


Ciri-ciri Saran yaitu:
1.     Berupa pendapat atau masukan yang di berikan pada seseorang atau kelompok yang selesai mengutarakan suatu materi atau pendapat.
2.    Bersifat positif atau membangun atau memberikan sebuah jalan keluar demi kebaikan.


Cara Penyampaian Saran yaitu:
1.     Di sampaikan dalam kalimat yang efektif dan logis
2.    Penyampaian menggunakan bahasa baku
3.    Sebelum memberikan sebuah saran, harus mengetahui dengan jelas permasalahan yang di bahas dalam diskusi
4.    Saran harus bersifat objektif, bukan emosional


Contoh Saran:
“ Saudara Muhammad Asnan, percobaan yang anda lakukan bersama teman-teman sangat menarik. Namun, alangkah baiknya apabila objek penelitian tidak hanya satu objek, tetapi ada objek perbandingan sehingga penyebab keberhasilan dan ketidak berhasil percobaan tersebut lebih jelas.”

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran.
ü  Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
ü  Mencatat hal-hal yang hendak diberi kritik atau saran.
ü  Mengemukakan kritik atau saran dengan bahasa yang baik.
ü  Berikan argumen untuk memperkuat kritik atau saran yang Anda ungkapkan.

Jika kritik atau saran disampaikan secara lisan, perlu diperhatikan hal-hal berikut.

1.     Kemukakan kritik dan saran dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
2.    Jika memang diperlukan untuk memperjelas yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.

Mengkritik atau memberikan dukungan terhadap suatu hal harus menggunakan bahasa yang sopan. Untuk menyampaikan kritikan dan dukungan, Anda dapat menggunakan  kata kunci seperti berikut.
Saya sependapat/ setuju . . . .
Saya kurang sependapat . . .

Berikut ini adalah contoh – contoh kalimat kritik dan saran :

1. Pekerjaan Budi sangat tidak rapih sehingga hasilnya sangat tidak memuaskan, seharusnya Budi bekerja dengan tidak terburu – buru dan memperhatikan kerapihan agar hasilnya memuaskan.
2. Puisi karangan Aria Nugraha tidak memiliki rima sehingga terdengar seperti kalimat biasa, seharusnya ia lebih memperhatikan diksi atau pemilihan kata dalam puisinya.
3. Baju yang kau kenakan itu tidak cocok dengan warna kulitmu, sebaiknya kamu memakai baju yang berwarna cerah sehingga terlihat sepadan di kulit.
4. Perkataanmu itu terlalu menyakitkan hati orang lain, ada baiknya sebelum berkata sesuatu kepada orang lain dipikirkan dahulu akibatnya.
5. Warna tembok rumah Pak Budi sangat kuno, sebaiknya ia mengganti warna itu dengan warna yang lebih cerah, misalnya biru atau kuning.
6. Tugas yang kamu berikan kepada murid – muridmu terlalu banyak, seharusnya seorang guru jangan malah menyusahkan anak muridnya dengan tugas yang sangat banyak itu.
7. Ketua kelas 7 A tidak tegas dalam menjalankan fungsinya sebagia pemimpin, sebaiknya menjadi seorang pemimpin haruslah tegas supaya menjadi panutan bagi para anggotanya.
8. Penampilan Anda di atas lapangan tadi tidak menunjukan kelas sebagai bintang lapangan, Anda harusnya bersemangat dalam bertanding agar tidak menelan pil kekalahan.
9. Penampilanmu di pertandingan Badminton semalam sangat tidak maksimal, sebaiknya kamu memperbanyak jam latihanmu agar menjadi lebih hebat ketika bertanding.
10. Lelaki itu tidak menunjukan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah yang baik, seorang ayah hendaknya bertanggung jawab kepada anak – anak dan istrinya karena merupakan kepala keluarga.
11. Film produksi Disnoy tidak tepat untuk diputar di Indonesia, sebaiknya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang film ini diputar di Indonesia.
12. Gaya berpakaianmu itu tidak cocok dengan budaya kita, kamu harus memperhatikan lagi gaya berpakaian yang sesuai dengan nilai – nilai budaya kita.
13. Seleramu dalam memilih makanan tidaklah sehat, sebaiknya kamu lebih memilih makanan – makanan yang bergizi, seperti sayuran, dan buah.
14. Teh buatanmu tidak ada rasa manis sama sekali, sebaiknya sebelum memberikan teh kepada seseorang hendaknya dicicipi terlebih dahulu.
15. Kebiasaan begadang yang kamu lakukan itu tidak baik untuk kesehatan, sebaiknya kamu menyelesaikan pekerjaanmu di siang hari agar tidak sampai larut malam.
16. Perbuatan Budi terhadap Ani tadi sangat memalukan, seharusnya Budi meminta maaf kepada Ani mengenai kelakuannya itu.
17. Kebunmu memang indah tetapi penataan letak bunganya kurang menarik, seharusnya kamu menyusun bunga – bunga itu sesuai dengan warna dan jenisnya.
18. Budi memang seorang anak yang pintar tetapi malas belajar, seharusnya Budi lebih giat lagi dalam belajar.
19. Jalanan menuju balai kota sangat hancur dan penuh dengan lubang, dewan kota hendaknya segera melakukan perbaikan sebelum menimbulkan kecelakaan bagi para pengendara yang melintas.
20. Suaramu sangat indah tetapi kamu tidak memiliki tehnik menyanyi yang bagus, sebaiknya kamu belajar kepada orang yang tepat untuk memperbaiki tehnik menyanyimu. 


Baca juga artikel pelajaran menarik lainnya di Blog PrestasiSiswa ini, Sharekan ilmu bermanfaat ini melalui media Sosial teman-teman semua. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »