Stress Test dan Beep Test Bagi Kesehatan Tubuh

“Stress Test dan Beep Test Bagi Kesehatan Tubuh”

Halo sobat semua, sudah tahukah anda apa itu stress test bagi tubuh???? Ok kami akan membahasnya dengan ringkas dan ringan yaitu tentang mengetahui Stress Test dan Beep Test Bagi Kesehatan Tubuh kita. Supaya kita dalam keadaan sehat dan bugar dalam beraktivitas.
Secara gampangnya yaitu menjadi sumber stress bagi tubuh dan bagaimana tubuh melawan stress tersebut. Stress test disini yaitu lebih pada fisik karena disini akan mengukur daya tahan tubuh kita untuk menyesuaikan terhadap sumber Stress.
Ada hal Stress Test yang bisa anda pakai yaitu :
1.     Exercise/Treadmill Stress Test


Apa pengertian dari Exercice Stress Test itu ? Pemeriksaan ini dapat memberikan informasi apakah jantung Anda memiliki asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat terjadi stres fisik yang mungkin tidak muncul pada EKG saat istirahat. Pemeriksaan ini juga dapat memberikan informasi penting apabila ada kelainan dari irama jantung dan tekanan darah.
Indikasi/ yang di anjurkan untuk Stress test ?
1.     diduga memiliki masalah kardiovaskular karena munculnya beberapa gejala
2.     Memiliki riwayat keluarga penyakit jantung kronis, atau pasien dengan risiko sedang terpapar penyakit jantung koroner
3.     Perokok kronis atau perokok yang sudah lama
4.     Sedang menjalani pengobatan jantung
5.     Sudah memiliki kondisi jantung
6.     Memiliki hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes
Gejala apa saja yang akan muncul ketika melakukan Stress test ?
1.     Sakit dada
2.     Detak jantung tidak teratur atau abnormal
3.     Kesulitan bernapas

Test Ini diharapkan ??
1.     Mendeteksi kelainan irama jantung atau adanya aritmia.
2.     Periksa kesehatan dan fungsi yang tepat dari katup jantung
3.     Menentukan apakah tes lainnya diperlukan
4.     Menentukan tingkat ideal aktivitas seseorang yang harus dicapai atau diperbolehkan selama latihan.
5.     Mengevaluasi kondisi jantung seseorang setelah menderita serangan jantung (atau infark miokard)


2.    Beep Test
Apakah kalian tahu Beep test itu apa ? mungkin kalian pernah mendengar hal ini jika anda adalah pecinta sepakbola tanah air. Kita tahu bahwa program ini kini dilakukan pada era persepakbolaan modern, di indonesia itu diawali dengan Timnas U-19 yang menggunakn program ini, alhasil indonesia juara AFF dan bisa mengalahkan Korea Selatan dan mencatat sejarah bagi dunia persepakbolaan.
          Ok kita kembali ke topik yaitu Beep Test bagi kesehatan tubuh yaitu secara singkat Beep Test ini hampir sama dengan Exercise Stress Test namun Beep test bisa dilakukan dimana saja untuk mengukur daya tahan tubuh kita.
          Perlu kalian ketahui bahwa Beep Test ini perlu di ukur jarak dan waktu dengan berbagai tingkatan dan ada nilai yang sammpai bisa menjadi indikator apakah tubuh kita bugar atau tidak yaitu menggunakan latihan ini,

Apa manfaat dari Beep Test ??? yaitu menambah oksigen yang di konsumsi selama berolahraga pada kapasitas maksimum dan untuk mengukur kapasitas VO2max seseorang dan berkaitan dengan kebugaran jasmani. 

Ini level kebugaran dari Beep test


Demikian pembahasan dari manfaat Stress Test dan Beep Test Bagi Kesehatan tubuh kita dengan sangat ringkas semoga informasi ini menambah wawasan terhadap kesehatan kita dan selalu menjaga kesehatan kita. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ok sampai nanti lagi dengan bahasan topik yang manarik dan Viral. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »