Contoh Daftar Isi Makalah BAB1 : Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan

halo sobat semua kita disini bakal membagi informasi bagaimana cara membuat BAB 1 yang baik buat makalah masta semua, admin kali ini membahas nya secara singkat dan mudah. dimana ada beberapa komposisi yang harus di isi seperti Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan dari makalah.
Contoh Daftar Isi Makalah BAB1 : Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan


BAB I
PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang
Tubuh manusia hampir separuhnya terdiri dari air. Air yang merupakan komponen kimia yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai proses metabolisme. Tubuh orang dewasa terdir dari 60-70% air dan air tersebut terdistribusi di dalam tubuh melewati pembuluh darah. Kebutuhan air seseorang berbeda-beda begitu juga jumlah pengeluarannya. Air yang sudah ada di dalam tubuh dan dipakai untuk proses metabolisme akan dikeluarkan oleh tubuh. Sebagian kecil air akan keluar melalui proses pernafasan, keringat, dan tinja. Jumlah pengeluaran air  yang dikeluarkan melalui kulit, saluran cerna, dan paru-paru hanya mengeluarkan 20% dari jumlah air yang harus dikeluarkan.  
Namun pengeluaran terbanyak dikeluarkan melalui urine. Proses pembentukan urine terjadi di ginjal dan dikeluarkan oleh organ perkemihan lain ke luar tubuh. Ginjal memiliki berbagai fungsi, namun fungsi utama adalah untuk menyaring darah dan membentuk urine sehingga urine dapat dikeluarkan oleh tubuh. Ketika ginjal tidak berfungsi, maka air di dalam tubuh akan menumpuk dan dapat menimbulakn berbagai masalah. Banyak peyakit yang dapat menimbulkan penyakit pada organ perkemihan baik ginjal maupun saluran urine. Salah satunya adalah infeksi dari berbagai microorganism.
Sebagai petugas kesehatan khususnya perawat, harus mengethaui konsep berbagai penyakit yang mngenai organ perkemihan. Salah satu pemyakit yang menyerang ginjal adalah glomerulonefritis akut. Glomerulus merupakan bagian dari ginjal yang mempunyai fungsi khusus, namun fungsinya dapat berubah dan bahkan hilang pada penyakit ini karena peradangan atau respon inflamasi.
Maka penyusun mencari ke berbagai sumber yang ada mengenai glomerulonefritis akut. Dimana sebagai perawat harus dapat memahami dan mengerti konsep penyakit agar dapat menegakan diagnose keperawatn dan intervensi yang diperlukan.



B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan glomerulo nefritis akut?
2.      Apa penyebab dari penyakit glomerulonefritis akut?
3.      Bagaimana proses penyakit glomerulonefritis akut?
4.      Bagaimana tanda dan gejala glomerulonefritis akut?
5.      Bagaimana pengobatan pada glomerulonefritis akut?
6.      Bagaimana Asuhan Keperawatan pada Glomerulonefritis akut?
C.  Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penyusunan makalah ini mempunyai dua tujuan. Yakni sebagai berikut:
1.    Tujuan Khusus
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Asuhan Keperawatan pada Sistem Persepsi Sensori oleh dosen Maria Yunita Indriarini Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.MB
2.    Tujuan umum
a.    Untuk mengetahui yang dimaksud dengan glomerulo nefritis akut.
b.    Untuk mengetahui penyebab dari penyakit glomerulonefritis akut.
c.    Untuk mengetahui  proses penyakit glomerulonefritis akut.
d.   Untuk mengetahui tanda dan gejala glomerulonefritis akut.
e.    Untuk mengetahui pengobatan pada glomerulonefritis akut.

f.     Untuk mengetahui Asuhan Keperawatan pada Glomerulonefritis akut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »