Hallo sobat kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaiman cara membuat Satuan Acara Penyuluhan Yang baik dan Benar. semoga pembaca semua mendapatkan manfaatnya. 
SATUAN
ACARA PENYULUHAN
Topik                      : Penyakit pada sistem imun
Pokok
Bahasan      : Penyakit rinitis alergi
Hari
dan Tanggal   : Kamis, 10 September 2015
Waktu                    : 1x25
menit
Tempat                   : Asrama putra STIKes Santo
Borromeus
Sasaran                   : Anak asrama putra 
Penyuluh                : Febi Trisdianti
                                 Jonathan
Yudhistira
                                 Nadya
Manulang
                                 Maria
Herlina Paji
Kunjungi Juga Artikel Terbaru Kami yaitu: Asuhan Keperawatan pada Klien Syndroma Johnson
Kunjungi Juga Artikel Terbaru Kami yaitu: Asuhan Keperawatan pada Klien Syndroma Johnson
A.      Tujuan
Instruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan, anak-anak asrama putra dapat memahami tentang penyakit
rinitis alergik dan cara penanganannya.  
B.       Tujuan
Instruksional Khusus
Setelah diberi
penyuluhan, anak asrama putra :
1.        
Menjelaskan kembali
pengertian penyakit rinitis alergik
2.        
Menyebutkan penyebab
penyakit rinitis alergik
3.        
Menyebutkan tanda dan
gejala penyakit rinitis alergik
4.        
Menjelaskan komplikasi rinitis alergik
5.        
Menjelaskan cara pencegahan
rinitis alergik 
6.        
Menjelaskan cara penanggulangan penyakit rinitis alergik
C.     Materi
1.        
Pengertian rinitis
alergik
2.        
Penyebab rinitis
alergik
3.        
Tanda dan gejala rinitis
alergik
4.        
Akibat lanjut rinitis
alergik
5.    Cara penanggulangan rinitis alergik
D.      Metode
Ceramah, tanya jawab atau diskusi.
E.       Proses
Belajar
| 
NO. | 
KOMUNIKATOR | 
KOMUNIKAN | 
WAKTU | 
| 
1. 
2. 
3. | 
Pre Interaksi 
Memberi salam
  dan memperkenalkan diri 
Menjelaskan
  tujuan penyuluhan dan tema penyuluhan 
Apersepsi
  dengan menanyakan pengetahuan anak putra
  tentang diare | 
Menjawab salam 
Mendengarkan 
Menjawab | 
5 menit | 
| 
4. 
5. 
6. 
7. 
8. 
9. 
10. | 
Isi 
Menjelaskan
  pengertian rinitis alergik 
Menyebutkan
  penyebab, tanda dan gejala penyakit rinitis alergik 
Menanyakan
  peserta tentang akibat lanjut dari rinitis alergik. 
Memberi
  penguatan terhadap jawaban peserta 
Menanyakan
  pada peserta tentang cara penanganan di rumah 
Memberikan
  penguatan terhadap jawaban peserta 
Memberi
  kesempatan kepada peserta untuk bertanya | 
Mendengarkan
  dan menyimak penjelasan 
Mendengarkan dan menyimak penjelasan 
Menjawab
  pertanyaan 
Menjawab
  pertanyaan 
Menjawab
  pertanyaan 
Menyimak dan
  memperhatikan 
Mengajukan
  pertanyaan | 
15
  menit | 
| 
11. 
12. 
13. | 
Penutup 
Memberikan
  pertanyaan akhir sebagai  
Menyimpulkan
  bersama-sama hasil kegiatan penyuluhan 
Menutup
  penyuluhan dan mengucapkan salam | 
Menjawab
  pertanyaan 
Mendengarkan
  dan menyimak kesimpulan 
Menjawab salam | 
5
  menit | 
F.       
Evaluasi
Teknik evaluasi langsung atau
lisan, dan praktek ulang
Jenis pertanyaan:
1.   
Sebutkan pengertian rinitis alergik!
2.    Sebutkan
penyebab, tanda dan gejala rinitis
alergik!
3.    Sebutkan cara penanganan penyakit rinitis alergik!
