Hallo sobat kali ini admin akan membagikan artikel tentang bagaiman cara membuat Satuan Acara Penyuluhan Yang baik dan Benar. semoga pembaca semua mendapatkan manfaatnya.
SATUAN
ACARA PENYULUHAN
Topik : Penyakit pada sistem imun
Pokok
Bahasan : Penyakit rinitis alergi
Hari
dan Tanggal : Kamis, 10 September 2015
Waktu : 1x25
menit
Tempat : Asrama putra STIKes Santo
Borromeus
Sasaran : Anak asrama putra
Penyuluh : Febi Trisdianti
Jonathan
Yudhistira
Nadya
Manulang
Maria
Herlina Paji
Kunjungi Juga Artikel Terbaru Kami yaitu: Asuhan Keperawatan pada Klien Syndroma Johnson
Kunjungi Juga Artikel Terbaru Kami yaitu: Asuhan Keperawatan pada Klien Syndroma Johnson
A. Tujuan
Instruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan, anak-anak asrama putra dapat memahami tentang penyakit
rinitis alergik dan cara penanganannya.
B. Tujuan
Instruksional Khusus
Setelah diberi
penyuluhan, anak asrama putra :
1.
Menjelaskan kembali
pengertian penyakit rinitis alergik
2.
Menyebutkan penyebab
penyakit rinitis alergik
3.
Menyebutkan tanda dan
gejala penyakit rinitis alergik
4.
Menjelaskan komplikasi rinitis alergik
5.
Menjelaskan cara pencegahan
rinitis alergik
6.
Menjelaskan cara penanggulangan penyakit rinitis alergik
C. Materi
1.
Pengertian rinitis
alergik
2.
Penyebab rinitis
alergik
3.
Tanda dan gejala rinitis
alergik
4.
Akibat lanjut rinitis
alergik
5. Cara penanggulangan rinitis alergik
D. Metode
Ceramah, tanya jawab atau diskusi.
E. Proses
Belajar
NO.
|
KOMUNIKATOR
|
KOMUNIKAN
|
WAKTU
|
1.
2.
3.
|
Pre Interaksi
Memberi salam
dan memperkenalkan diri
Menjelaskan
tujuan penyuluhan dan tema penyuluhan
Apersepsi
dengan menanyakan pengetahuan anak putra
tentang diare
|
Menjawab salam
Mendengarkan
Menjawab
|
5 menit
|
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Isi
Menjelaskan
pengertian rinitis alergik
Menyebutkan
penyebab, tanda dan gejala penyakit rinitis alergik
Menanyakan
peserta tentang akibat lanjut dari rinitis alergik.
Memberi
penguatan terhadap jawaban peserta
Menanyakan
pada peserta tentang cara penanganan di rumah
Memberikan
penguatan terhadap jawaban peserta
Memberi
kesempatan kepada peserta untuk bertanya
|
Mendengarkan
dan menyimak penjelasan
Mendengarkan dan menyimak penjelasan
Menjawab
pertanyaan
Menjawab
pertanyaan
Menjawab
pertanyaan
Menyimak dan
memperhatikan
Mengajukan
pertanyaan
|
15
menit
|
11.
12.
13.
|
Penutup
Memberikan
pertanyaan akhir sebagai
Menyimpulkan
bersama-sama hasil kegiatan penyuluhan
Menutup
penyuluhan dan mengucapkan salam
|
Menjawab
pertanyaan
Mendengarkan
dan menyimak kesimpulan
Menjawab salam
|
5
menit
|
F.
Evaluasi
Teknik evaluasi langsung atau
lisan, dan praktek ulang
Jenis pertanyaan:
1.
Sebutkan pengertian rinitis alergik!
2. Sebutkan
penyebab, tanda dan gejala rinitis
alergik!
3. Sebutkan cara penanganan penyakit rinitis alergik!