CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG
EKONOMI SINGKAT
Halo
sobat, kali ini admin akan memberikan contoh teks eksposisi yang telah admin
jelaskan pada halaman sebelumnya. Adapun yang akan kita bahas kali ini mengenai
contoh teks eksposisi singkat yang merupakan sebuah karangan orang lain,
Ekonomi Indonesia
Tesis
Ekonomi
rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan
pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan
ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa
tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak
besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.
Argumentasi
Perspektif
lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif
jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.
“Dari
rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan
aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki
hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.
“Oleh
rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh
rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif
tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat
memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti
berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan,
bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses
pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.
“Untuk
rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap
kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator
kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.
Penegasan Ulang Pendapat
Dalam hal
ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa
saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan
“non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk,
sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi
inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula
menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme
transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya
telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan
perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.
CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG
PENDIDIKAN SINGKAT
Perubahan Kurikulum Pendidikan
di Indonesia
Tesis
Sistem
pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat
signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam
dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai
diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan
kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.
Argumentasi
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan
bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki
akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan
RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan
distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013.
Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan
sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan
ilmiah atau scientific approach.
Selain
itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran
dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku
pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan
mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.
Musliar
Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa
Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini,
peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan
kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak
bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013
setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan
sikap.
Meutia
Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013
ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air
dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa
dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati
diri bangsa Indonesia dan berkualitas.
Penegasan Ulang
Namun,
ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini.
Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan di paksakan. Bahkan, ada
yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata
pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Meskipun, mata pelajaran
yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan
pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang karena mata
pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah
sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.