Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia II serta Singakatan Badan Khusus PBB

hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan dan Rekan perjuangan akan membagikan Sebab-sebab umum dan khusus Perang Dunia 2 serta singkatan dari badan khusus PBB


Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia II serta Singakatan Badan Khusus PBB
www.Prestasisiswa.com




1. Sebab-Sebab Umum Perang Dunia II

1.      Dalam bidang politik penyebab terjadinya perang adalah kegagalan LBB (Liga Bangsa-Bangsa) yang tidak sanggup menjamin perdamaian sehingga terjadi perlombaan senjata dan politik alliansi atau politik mencari kawan, yang terdiri dari tiga blok besar yaitu Blok Perancis, (demokrasi), Blok Jerman (Fascis/Nazi) Blok Rusia (komunis).
2.      Bidang ekonomi timbul politik ekonomi yang bersifat imperialis, dalam rangka kepentingan industri dalam negeri masing-masing negera, sehingga terjadi perebutan daerah-daerah jajahan. Salah satu contohnya misalnya Jerman dengan politik LIBENSRUM ingin menguasai Eropa Tengah, Jepang dengan politik Hakko-I-Chiu ingin menguasai Asia Timur Raya dan Itali dengan politik ITALIA IRREDENTA nya ingin menguasai daerah yang luas seperti Romawai kuno.
3.      Dalam bidang kerohanian yang timbul adalah pertentangan antara faham demokrasi dengan faham Fascisme/Nazi dan juga dengan faham komunisme karena ketiganya tidak mungkin dapat berjalan bersama salah satu harus menang dan menghancurkan lainnya. Disamping itu juga adanya faham nasionalisme yang sangat menimbulkan kecongkakan suatu bangsa dan memandang rendah bangsa lain. Contohnya seperti Jerman yang terpenting pada dasarnya adalah politik balas dendam Jerman akibat dari perjanjian Versailles yang merusak bangsa Jerman sehingga hal ini yang menyebabkan pecahnya perang dunia II.

2. Sebab Khusus Perang Dunia II

Meletusnya perang dunia II disebabkan Hitler menuntut Krek Dancig dari Polandia, dan tidak mengaku perjanjian Versailles, karena Polandia menolak maka tanggal 03–09-1939 Inggris dan Perancis menyatakan perang kepada Jerman, dengan demikian perang dunia tidak terelakan lagi. (Jerman Menuntut Danzig dari Polandia karena ditolak maka tentara Jerman menyerbu Polandia)





Berikut Badan-badan khusus yang di bentuk PBB

·         IMF                      : International Monetary Fund, menangani masalah keuangan internasional.
·         WHO                  : World Health Organization, merupakan organisasi kesehatan sedunia.
·         UNESCO            : United Nations Educational Scientific and Cultural Organization, merupakan organisasi yang menangani pendidikan ilmu pengetahuan kebudayaan di seluruh dunia.
·         FAO                    : Food and Agriculture Organization, menangani perburuhan internasional.
·         ILO                      : International Labour Organization, menangani perburuhan nasional
·         UNICEF              : United Nations Children’s Fund, merupakan organisasi yang menangani kesehatan, pendidikan persamaan perlindungan ibu dan anak.
·         IFO                      : International Finance Coorporation, merupakan konfrensi keuangan internasional



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »