7 contoh teks berita (Mengenai Liburan, Politik, Sosial dan Kecelakaan)

Halo guys admin kali ini akan share tentang tugas B.indonesia untuk Contoh-contoh Teks Berita yang sudah sesuai dengan Kaidah 5W + 1H. disini admin akan berikan lebih dari 1 contoh agar dapat digunakan lebih lanjut. Berikut adalah 7 contoh teks berita (Mengenai Liburan, Politik, Sosial dan Kecelakaan)

7 contoh teks berita (Mengenai Liburan, Politik, Sosial dan Kecelakaan)



1.  Contoh Teks Berita sosial

Jakarta - Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap terus melakukan penyelidikan terhadap kapal tangkap ikan nelayan yang ditemukan tanpa awak di Samudra Hindia, tepatnya sekitar 75 mil laut dari perairan Cilacap. Kapal tersebut ditemukan tanpa nama dan anak buah kapal (ABK).

"Nelayan pencari ikan dari KM Sejati menjumpai kapal yang setengah tenggelam, kemudian dicek apakah laka laut, karena tidak ada ABK maupun identitas kapal," kata Kasat Polair AKP Huda Syafi'I kepada wartawan, Senin (13/3/2017).

Setelah berkoordinasi dengan pos terpadu, kemudian kapal tersebut ditarik ke darat oleh kapal nelayan KM Sejati agar tidak membahayakan alur pelayaran. Saat ini kapal tersebut disandarkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).

"Polair, Angkatan Laut dan pengawas perikanan kita lakukan penyelidikan lebih lanjut apa penyebabnya, karena ini tidak ada identitasnya sama sekali, terus ABK," ucapnya.

Dari pengamatan sementara, lanjut Huda, diperkirakan kapal tersebut bukanlah kapal asli Indonesia ataupun kapal dari lokal Cilacap. Diduga kapal yang berbobot sekitar 60 gross ton ini merupakan kapal nelayan Taiwan.

"Ini kapal penangkap ikan, eks Taiwan. Saat ditemukan tidak ada benderanya, sama sekali. Posisi mau tenggelam separuh. Jika dilihat dari ciri-ciri anjungan, depan sudah diubah, depan ada pemecah ombak. Tapi kalau buritan itu khas Taiwan, kita tarik karena berada di alur pelayaran," ucapnya.

Menurut Huda segala kemungkinan bisa terjadi terkait kapal tanpa identitas dan ABK tersebut. Apakah kapal tersebut merupakan kapal pembawa imigran gelap, mengalami kecelakaan, atau dirompak. Namun semua perlu pengembangan lebih lanjut.

"Indikasi segala kemungkinan bisa terjadi kita kembangkan penyelidikannya karena memang saat ditemukan tidak ada identitas dan posisi mau tenggelam. Selain itu kondisi kapal juga sudah rusak tidak tahu kenapa," jelasnya.

Berdasarkan pantauan detikcom di PPSC, kapal dalam kondisi terdapat banyak kerang laut menempel di badannya. Sedangkan bagian ruang kemudi bagian kanan sudah hancur dan semua perlengkapan kemudi sudah tidak ada. Di ruang mesin terlihat genangan air bercampur solar.

Kemudian sama sekali tidak terdapat identitas dari kapal yang diduga dari Taiwan tersebut, semua tulisan yang ada hilang seperti sengaja dihapus dengan cara dikerok dan dihapus menggunakan cat.
(arb/rna)

2.  Contoh Teks Berita Kecelakaan


“Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel”

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015)

Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini.

3.  Contoh Teks Berita Kecelakaan
“Tabrakan Beruntun 4 Mobil di Bundaran HI”

Jakarta ~ Tabrakan beruntun terjadi di Bundaran Hotel Indonesia mengarah ke jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa malam. Empat mobil menjadi korban dalam peristiwa nahas tersebut.

Kejadian ini disampaikan oleh Amalia, warga yang melintas di jalur tersebut pada pukul 19.23 WIB. Menurut pengamatan Amalia, keempat mobil mengalami kerusakan parah. ia mengatakan ban salah satu mobil bahkan terlepas.


"Terjadi tabrakan beruntun diBundarah HI arah Sudirman. 4 mobil rusak parah, 1 mobil sampai lepas ban," tulis Amelia dalam akun Twitter-nya @amelia_baay, Selasa (6/9/2016).

Sudah ada penanganan darurat dari pihak kepolisian. Namun untuk kepastian mengenai korban jiwa, identitas mobil, maupun kerugian materi belum diketahui.

"Terlihat sudah ada penanganan dari polisi," Amelia menambahkan.

Pagi tadi, kecelakaan beruntun juga terjadi pada dua truk dan sebuah mobil di kawasan Masjid At-Tin menuju Tamini Square, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Kejadian bermula saat truk bermuatan semen melintas di Jalan Taman Mini I. Namun, ternyata truk tersebut mengambil jalur lawan arah dari utara menuju selatan.

Sampai di kawasan Masjid At-Tin, truk yang dikemudikan oleh Housan mendadak menabrak mobil boks Daihatsu. Akibat tabrakan tersebut, sebuah mobil Toyota Fortuner ikut tertabrak. Untungnya, hanya supir mobil boks yang mengalami luka ringan. (Winda Prisilia)

4.  Contoh Teks Berita Politik
“Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas”

Beberapa bulan kedepan Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu pemilihan Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang akan habis beberapa bulan kedepan. Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas lantaran akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta, kemudian juga ada bapak Yusril Ihza Mahendra. Sebelumnya sempat terjadi berita hangat lantaran sang walikota Bandung yaitu bapak Ridwal Kamil di gadang-gadang bakalan menjadi calon Gubernur DKI Jakarta, namun ia menolaknya. Selain itu hadir pula sang Musisi Ahmad Dhani yang juga ikut meramaikan calon pemilihan Gubernur DKI periode2017-2022.

5.  Contoh Teks Berita Olahraga  

“Bintang Jerman Ini Resmi Mundur Dari Karir Profesionalnya”

Pemain depan asal Jerman Miroslav Klose resmi mundur dari karir profesionalnya usai habis masa kontraknya di Lazio pada musim 2015/16 lalu.
Beberapa tawaran dari Amerika Serikat (MLS) dan juga mantan klubnya Kaiserslautern sempat didapat oleh Klose, namun dirinya memutuskan untuk pensiun.
Klose pun menerima tawaran dari federasi sepakbola Jerman (DFB) untuk menjadi asisten pelatih Joachim Low di timnas Jerman.
"Saya menikmati kesuksesan saya di tim nasional. Itu adalah momen yang tak bisa dilupakan bagi saya. Maka dari itulah mengapa saya senang bisa kembali ke DFB," ujar Klose kepada DFB.
"Dalam beberapa bulan, ide untuk bertahan di lapangan dalam posisi lain, sebagai pelatih ada dalam pikiran saya. Saya menikmati dalam pengembangan taktik, mempersiapkan pertandingan dan juga membaca pertandingan yang sudah pernah saya jalani."
"Saya sangat senang Jogi Low dan Hansi Flick menawarkan saya kesempatan ini."
Klose mengawali karir profesionalnya dengan Hamburg dan juga Kaiserslautern, Werder Bremen, Bayern Muenchen dan Lazio.
Klose mengawal kesuksesannya bersama Bayern, ketika dia memenangi dua gelar Bundesliga dan dua DFB Pokal. Klose juga memenangi gelar top skor di musim 2005-06.
Sebanyak 137 caps telah dijalani oleh Klose bersama timnas Jerman, dimana hanya Lothar Matthaus yang unggul satu caps.
Namun dengan 71 gol, Klose merupakan pemain yang memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Jerman.
Klose juga merupakan bagian dari anggota timnas Jerman saat memenangi Piala Dunia 2014, dan juga runner-up pada tahun 2002.

6.  Contoh Teks Berita Liburan
“Kawasan Puncak Macet (lagi)”

Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

7.  Contoh Teks Berita Liburan
“Puncak kembali dipadati Pengunjung”

Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.



Sekian 7 teks Berita yang terangkum secara baik dan mudah dimengerti terimakasih. Semoga bermanfaat dan download Pdf diatas sini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »