Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

hallo sobat semua kali ini kita akan membahas 8 Tanda bahaya kehamilan , Ingin tahu tandanya apa aja?, yuk caw aja

pada saat admin berkunjung ke puskesmas admin melihat ada 8 Tanda Bahaya kehamilan pada Ibu hamil maka daripada itu admin akan membagikan secara terperinci ok
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya
www.prestasisiswa.com




  1. Ibu tidak mau makan dan muntah terus, cara pencegahannya untuk ini yaitu dengan makan porsi kecil tapi sering dan ibu di anjurkan mengemil jangan samapi perutnya kosong ok. soalnya akan memicu rasa mual yang berlebihan bila perut kosong.
  2. Berat badan ibu tidak naik, kenaikan ibu hamil biasanya kisaran 3-4 Kg dan apabila tidak ada kenaikan berat badan dikhawatirkan molatilahidosa (hamil anggur). sehingga penaganng adalah adalah rutin untuk periksa ke dokter terdekat dengan bantuan USG janin.
  3. Bengkak tangan/wajah,pusing dan dapat diikuti dengan kejang-kejang, jangan khawatir ibu soalnya banyak juga yang mengeluh seperti ini karena adanya sumbatan pembuluh darah di vena kaki sehingga terjadi bengkak sehingga penanganannya yaitu dengan meninggikan kaki selama 15 menit apabila tidak ada perubahan cek ke klinik terdekat.
  4. kelainan letak janin, letak janin sangat bahaya apabila sudah melebihi 7 bulan ke atas bayi sudah tidak akan bisa mengubah posisinya, dan di khawatirkan akan terjadi letak bayi yang sungsang. di pastikan akan di lakukan SC atau bahasa awamnya lahir ceasar. dan sebelum 7 bulan kehamilan lakukanlah gerakan seperti mengepel lantai dan sering bersujud sehingga itu akan membantu posisi bayi dalam keadaan yang baik dan benar.
  5. perdarahan terus menerus, perdarahan sangat bahaya bila melebihi 500cc  karena ini di khawatirkan ada keguguran bayi dan ibu akan mengalmi anemia sehingga segeralah bawa ke dokter terdekat.
  6. gerakan janin berkurang atau tidak ada, normalnya ada gerakan bayi dan aktivitas bayi, dan penangannya harus di periksakan ke dokter dan diperiksa keadaan janin ibu.
  7. ketuban pecah sebelum waktunya, wah ini bahaya sekali karena dalam hitungan 15 menit bila ada tidak ada tindakan janin tidak dapat tertolong karena cairan ketuban ini sebagai media janin untuk tetap bertahan hidup sehingga perlu tindakan cepat dari pihak tenaga medis,
  8. penyakit ibu yang berpengaruh pada kehamilan(penyakit jantung, anemia berat,TBC, malaria dan Infeksi saluran kemih), yaps sangat berpengaruh sekali kenapa karena hubungan bayi dan ibu itu sangat erat , dan yang menghubungkan keduanya adalah tali plasenta dimana memiliki fungsi transfer nutrisi dan energi dari ibu ke janin. sehingga ibu harus lebih sehat dan memiliki gaya hidup sehat.

ada versi lain tentang ini hanya sebagai pelengkap saja.
kali ini kita akan membahas 10 tanda bahaya kehamilan pada ibu hamil, apakah kalian tahu salah satu tandanya ok kita lihat di bawah ini


Ketahui 10 tanda bahaya kehamilan,
Wajid di waspadai!

Bagi ibu yang sedang mengandung, tentunya mengalami berbagai perubahan yang dirasakan dari hari ke hari selama kehamilan berlangsung. Tak sabar menanti kelahiran sang buah hati, sang ibu pasti memiliki informasi yang penting untuk menjaga dan merawat kehamilannya. Kendati demikian, banyak ibu yang belum mengetahui terhadap kemungkinan beberapa tanda bahaya kehamilan yang harus diwaspadai.
Nah, informasi ini penting bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Mari kita simak dan pahami bersama-sama mengenai 10 Tanda Bahaya Kehamilan

10 Tanda Bahaya Kehamilan
Apabila anda mengalami salah satu dari 10 tanda bahaya kehamilan di bawah ini, kami sarankan anda untuk segera berkonsultasi dan menceritakan kejadian yang terjadi ke Dokter atau tenaga medis yang ada di sekitar rumah anda.
Untuk itu informasi ini sebagai pencegahan terhadap kemungkinan terburuk yang terjadi apabila kita dapat mengenali dan mengetahui gejala tanda bahaya kehamilan dengan segera.
Berikut rangkuman 10 Tanda Bahaya Kehamilan :

1.  Penurunan gerakan janin
Jika anda merasa bahwa gerakan bayi anda tidak bergerak atau gerakannya tak lagi seperti biasanya, berhentilah melakukan aktivitas dan luangkan waktu sebentar untuk memperhatikan apa yang terjadi pada janin anda. Ada besar kemungkinan janin anda terhenti pertumbuhannya karena kurangnya asupan nutrisi akibat peredaran darah ke plasenta terhambat. Ini sering terjadi apabila si ibu mengalami gejala anemi pada awal kehamilan trimester pertama.
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

Perlu diingat bahwa masalah berhentinya pertumbuhan janin anda akan menyebabkan denyut jantungnya terhenti dan ia akhirnya mati di dalam rahim. Tindakan selanjutnya jika kondisi terjadi adalah dilakukannya kuratase. Hal ini cukup berisiko pada kondisi kesuburan anda di masa yang akan datang

2.  Pusing berkepanjangan
Jangan anggap sepele pusing saat anda masih keadaan hamil. Kondisi ini bisa saja menjadi pertanda adanya hal-hal buruj yang mengancam kesehatan anda dan pertumbuhan janin. Pusing bisa menjadi indikasi anemia atau keracunan, dua kondisi yang cukup berisiko bagi anda.

Jika kondisi pusing terjadi secara persisten atau terus menerus, bertirahatlah dengan cukup. Pastikan anda memperoleh nutrisi dan asupan makanan seperti yang dianjurkan oleh dokter, serta perbanyaklah minum air putih dan hindari bekerja terlalu berat pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

3.  Suhu tubuh tinggi
Demam bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Akan tetapi jika demam yang anda alami menyebabkan kenaikan suhu tubuh secara drastis, hal ini bisa saja menjadi salah satu 10 Tanda Bahaya Kehamilan. seperti diketahui bahwa ketika suhu tubuh terlalu panas, tubuh anda mengailirkan sebagain terbesar darah yang sebelumnya mengalir ke rahim, akan dialihkan ke lapisan bawah kulit untuk meredam panas tersebut sehingga hal ini cukup berisiko bagi pertumbuhan janin.

Jika anda mengalami gejala panas tubuh yang terlalu tinggi, segera hubungi dokter atau tenaga kesehatan di sekitar anda untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin. Hal ini penting karena dapat membantu mencegah janin anda mengalami masalah serius.
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

4.  Jantung berdebar kencang
Jika jantung anda berdebar kencang dan tidak seperti biasanya saat Anda melakukan suatu aktivitas disertai dengan kucuran keringat yang deras serta kesulitan bernafas, segeralah ambil tindakan. Berhentilah melakukan aktivias, perbanyak minum, dan ambilah posisi istirahat.

Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya


Jantung berdebar kencang bisa menjadi pertanda anda mengalami dehidrasi,anemia berat, penyakit tiroid atau masalah jantung. Semua kemungkinan ini cukup berisiko bagi kehamilan anda. Oleh karena itu, laporkan  Tanda Bahaya Kehamilan ini pada bidan atau dokter anda untuk dapat ditangani secara lebih serius olehnya.

5.  Pembengkakan di betis anda
Selama kehamilan trimester ketiga, masalah kaki bengkak adalah masalah yang wajar dialami oleh ibu hamil. Hanya saja jika pembengkakan terjadi pula di tangan, betis, dan bagian tubuh lainnya, ini bisa menjadi salah satu 10 Tanda Bahaya Kehamilan. anda bisa saja mengalami Deep Vena Trombosis (DVT)/ trombosis vena dalam, suatu kondisi yang berpotensi mengacam jiwa anda disebabkan oelh gumpalan darah yang terjadi paa organ-organ yang membengkak. DVT biasanya mempengaruhi pembuluh darah yang terjadi pada satu sisi tubuh dan menyebabkan anda mengalami kemerahan pada kulit sehingga terasa hangat saat disentuh. Jika anda di serang DVT tanda-tanda seperti nyeri dada, kesuliatn bernapas, pingsan, atau kondisi serius lainnya juga dapat terjadi.
 
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

Pembengkakan juga bisa menjadi indikasi tekanan darah tinggi dan pre eklamsia. Dua kondisi yang membutuhkan penanganan serius jiak terjadi selama kehamilan.

6.  Perdarahan
Beberapa wanita menemukan bercak darah pada celana selama kehamilan mereka, dan kondisis ini selalu menjadi perhatian serius. Pada awal kehamilan, perdarahan ini bisa menandakan keguguran, sedangkan pada trimester kedua atau ketiga, perdarahan berhubungan dengan persalianan prematur dan komplikasi plasenta. Seperti plasentas previa atau abrupsio plasasenta. Semua kondisi ini membutuhkan perhatian medis dengan segera.

Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

7.  Penglihatan kabur
Penglihatan kabur umu terjadi pada mereka yang mengalami tekanan darah rendah terutama selama 6 bulan pertama kehamilan. kondisi tekanan darah rendah sendiri jika dikombinasikan dengan dehidrasi dan olahraga mungkin akan menimbulkan masalah bagi anda.
Penglihatan kabur juga bisa merupakan tanda pre eklamsia. Kondisi yang berbahaya unutk bayi anda, mengingat pre eklampsia untuk dapat membatasi aliran darah ke plasenta sehingga nutrisi bagi bayi anda tidak akan tercukupi meski anda telah makan-makanan yang bergizi.

Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

8.  Pingsan
Pingsan saat hamil tidak boleh dianggap enteng. Ini bisa menjadi sinyal terjadinya masalah serius seperti masalah peredaran darah atau masalah jantung. Pingsan dapat terjai akibat otak anda tidak mendapatkan cukup oksigen untuk metabolismenya, hal ini berarti bayi anda pun akan mengalami hal yang sama.
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya

9.  Nyeri berulang di perut atau dada
Jika anda mengalami nyeri berulang pada sekitar area perut dan dada dengan rasa yang sangat menyakitkan, bisa jadi anda mengalami placental abruption . kondisi yang menurut Amerucan College of Obstetricians dan Gynecologists dapat menyebabkan terhentinya pertumbuhan janin anda.

Nyeri berulang di perut dan dada sebagai tanda placental abruption mirip dengan rasa yang terjadi ketika anda mengalami menstruasi. Kram, rasa sakit yang tajam, serta dada yang sesak adalah masalah serius yang perlu mendapat penanganan ekstra dari dokter.
Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya


10.         Keluar cairan deras dari kemaluan
Jika celana anda terus-menerus basah atau jika anda merasa ada cairan yang keluar deras dari kemaluan anda, itu bisa berarti ketuban janin pecah sebelumnya waktunya. Selain sebagai tanda semakin dekatnya proses persalinan, hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda bahaya kehamilan terutama jika usia kehamilan anda masih dalam trimester atau kedua.

Mengetahui 8 Tanda Bahaya Kehamilan Lengkap dan Singkat dan Penanganannya


Demikianlah 10 Tanda Bahaya Kehamilan yang berhasil kami rangkum. Dengan membaca artikel ini kita bisa membuka jendala dunia yang lain agar kita bisa mengenali, memahami dan mewaspadai tanda gejala yang mungkin terjadi, segeralah hubungi dokter atau tenaga kesehatan lainnya untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »