Catatan Singkat Perawat: Asuhan Keperawatan dan Path Way Striktur Uretra

hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan akan membagikan ilmu keperawatan yang admin pernah pelajari semua askep dan pathway terangkum secara singkat dan menarik.semoga terbantu.
Sobat Semua kali ini admin akan membagikan materi tentang Asuhan Keperawatan Striktur Uretra dan akan di bahas secara singkat dan jelas.
Kita akan bahas dari pengertian, anatomi dan Fisiologi,Etiologi dan Path way nya semoga bermanfaat!!

Catatan Singkat Perawat: Asuhan Keperawatan dan Path Way Striktur Uretra


TINJAUAN TEORITIS

A.    PENGERTIAN
Sriktur uretra adalah penyempitan lumen uretra akibat adanya jaringan perut dan kontraksi. ( C. Smeltzer, Suzanne:2002).

Striktur uretra adalah berkurangnya diameter dan atau elastisitas uretraakibat digantinya jaringan uretra dengan jaringan ikat yang kemudianmengerut sehingga lumen uretra mengecil (Kapita selekta kedokteran,2000).

Striktur urethra adalah berkurangnya diameter dan atau elastisitas urethra yang disebabkan oleh jaringan urethra diganti jaringan ikat yang kemudian mengkerut menyebabkan lumen urethra mengecil. Penyempitan lumen urethra disebabkan oleh dinding urethra mengalami fibrosis dan pada tingkat yang parah terjadi fibrosis korpus spongiosium.
Jadi dapat disimpulkan striktur uretra adalah penyempitan lumen pada uretra yang terjadi akibat adanya jaringan parut.



B.     ANATOMI DAN FISIOLOGI

Uretra merupakan saluran yang menyalurkan urin dari vesika urinaria kemeatus uretra, untuk dikeluarkan keluar tubuh melalui proses miksi. Uretra padapria memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai saluran urin & saluran untuk semendari organ reproduksi. Panjang uretra pria kira-kira 23 cm & melengkung darikandung kemih ke luar tubuh, melewati prostate dan penis. Sedangkan uretrapada wanita lurus & pendek, berjalan secara langsung dari leher kandung kemihke luar tubuh.
Uretra ini dilengkapi dengan sphincter uretra interna yang terletak diperbatasan vesica urinaria dan uretra. Dinding uretra terdiri atas otot polos yangdipersyarafi oleh sistem otonomik dan sphincter uretra externa yang terletak diperbatasan uretra anterior dan posterior, dinding terdiri atas otot bergaris yangdapat diperintah sesuai dengan keinginan.
Secara anatomis uretra terdiri dari dua bagian yaitu uretra posterior danuretra anterior yang keduanya dipisahkan pleh sphincter uretra eksternal. Uretra anterior adalah bagian uretra yang dibungkus oleh korpusspongiosum penis.Uretra anterior terdiri atas:
·         Pars bulbosa
·         Pars pendularis
·         Fossa navikulare
·         Meatus uretra eksterna
Didalam lumen uretra anterior terdapat beberapa muara kelenjar yang berfungsi dalam proses reproduksi, yaitu kelenjar cowperi, berada dalamdiafragma urogenitalis bermuara di uretra pars bulbosa, serta kelenjar Littre yaitu kelenjar pars uretralis yang bermuara di uretra pars pendularis.
Uretra posterior pada pria terdiri atas tiga bagian, antara lain uretra parsprostatika, uretra membranasea, dan uretra spongiosa. Uretra pars prostatikadimulai dari leher vesika urinaria dan termasuk juga bagian yang melewatikelenjar prostat. Uretra pars prostatika merupakan bagian yang paling lebardiantara bagian uretra lainnya. Di bagian posterior lumen uretra pars prostatikaterdapat suatu tonjolan verumontanum dan di sebelah cranial dan kaudal dariverumontanum ini terdapat krista uretralis. Bagian akhir dari vas deferen yaitukedua duktus ejakulatorius terdapat di pinggir kanan dan kiri verumontanum,sedangkan sekresi kelenjar prostat bermuara dalam duktus prostatiks yangtersebar di uretra pars prostatika.
Uretra pars membranasea adalah uretra yangterpendek dan paling sempit dengan panjang sekitar 12-19 mm. Pada uretra parsmembranasea terdapat spingter uretra eksterna, yang berfungsi dalam pengaturanpengeluaran urin yang dikendalikan secara voluntar. Uretra spongiosa adalahuretra yang terpanjang, kira-kira 150 mm, yang dimulai dari porsio membranaseamelewati korpus spongiosum dan berakhir di glan penis.

C.     ETIOLOGI
Striktur uretra dapat terjadi secara:
1.      Kongenital
Striktur uretra dapat terjadi secara terpisah ataupun bersamaan dengan anomali saluran kemih yang lain. Striktur uretra congenital biasanya terjadi di fossa navicularis dan pars membrancea. Beberapa bayi lahir dengan striktur urethra, misalnya meatus stenosis congenital, klep urethra posterior.
2.      Didapat :
·         Cedera uretral (akibat insersi peralatan bedah selama operasi transuretral, kateter indwelling, atau prosedur sitoskopi).
·         Cedera akibat peregangan.
·         Cedera akibat kecelakaan.
·         Infeksi
·         Spasmus otot
·         Tekanan diluar misalnya pertumbuhan tumor.

D.    PATOFISIOLOGI
Struktur uretra terdiri dari lapisan mukosa dan lapisan submukosa. Lapisan mukosapada uretra merupakan lanjutan dari mukosa buli-buli, ureter dan ginjal. Mukosanya terdiri dari epitel kolumnar, kecuali pada daerah dekat orifisium eksterna epitelnya skuamosa dan berlapis. Submukosanya terdiri dari lapisan erektil vaskular. Apabila terjadi perlukaan pada uretra, maka akan terjadi penyembuhan cara epimorfosis, artinya jaringan yang rusak diganti oleh jaringan lain (jaringan ikat) yang tidak sama dengan semula. Jaringan ikat ini menyebabkan hilangnya elastisitas dan memperkecil lumen uretra, sehingga terjadi striktur uretra.
Proses radang akibat trauma atau infeksi pada urethra akan menyebabkan terbentuknya jaringan sikatriks pada urethra. Jaringan sikatriks pada lumen urethra menimbulkan hambatan aliran urine hingga retensi urine. Aliran urine yang terhambat akan mencari jalan keluar di tempat lain (di sebelah proksimal striktur) dan akhirnya akan mengumpul di rongga periurethra. Jika terinfeksi menimbulkan abses periurethra yang kemudian pecah membentuk fistula uretrokutan. Pada keadaan tertentu dijumpai banyak sekali fistula sehingga disebut sebagai fistula seruling.

Catatan Singkat Perawat: Asuhan Keperawatan dan Path Way Striktur Uretra


Catatan Singkat Perawat: Asuhan Keperawatan dan Path Way Striktur Uretra

Catatan Singkat Perawat: Asuhan Keperawatan dan Path Way Striktur Uretra






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »