Makalah Bayi Baru Lahir: Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan

Halo sobat kali ini admin akan membagi sedikit kutipan makalah admin yang pernah admin kerjakan yaitu Pemeriksaan Bayi Baru Lahir. Dimana pada bab ini terdapat Latar belakang yang sesuai dengan fenomena yang terjadi dan sangat penting. Semoga bermanfaat dan salam hangat dari admin. Like juga fans page admin terimakasih. 
Makalah Bayi Baru Lahir: Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Bayi baru lahir yaitu kondisi dimana bayi melalui jalan lahir dengan presentasi kepala secara spontan tanpa gangguan, menangis kuat, nafas secara spontan dan teratur, berat badan antara 2500-4000 gram. Neonatus (BBL) adalah masa kehidupan pertama di luar rahim sampai dengan usia 28 hari, dimana terjadi perubahan yang sangat besar dari kehidupan di dalam rahim menjadi di luar rahim. Pada masa ini terjadi pematangan organ hampir pada semua sistem.
Pada masa sekarang ini, Indonesia masih menghadapi berbagai kendala dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) khususnya dalam bidang kesehatan. Kendala tersebut tampak antara lain dari masih tingginya kelahiran dan kematian neonatal. Setiap tahun diperkirakan ada sejumlah 4.608.000 bayi dilahirkan dan 100.454 diantaranya ternyata meninggal dunia pada masa neonatal atau sebelum 1 bulan. Dengan kata lain setiap 5 menit 1 bayi meninggal di Indonesia oleh berbagai sebab.
      Periode neonatal merupakan suatu periode yang krisis yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi bahkan sampai dewasa. Kurangnya penanganan bayi baru lahir yang sehat akan menyebabkan kematian.
      Petugas kesehatan khususnya bagi penolong persalinan harus memperhatikan bahwa bayi baru lahir adalah suatu individu yang utuh. Menolong kelahiran bayi, terampil memberikan asuhan yang seksama akan membantu bayi melalui proses adaptasi dengan baik sehingga akan menjadi bayi yang sehat sebagai curahan harapan orang tua, bangsa dan negara.
Dari latar belakang diatas, penulis tertarik membahas mengenai pemeriksaan bayi baru lahir untuk mencegah tingginya angka kematian pada bayi baru lahir.



B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas rumusan makalah makalah ini adalah:
1.      Bagaimana pemeriksaan bayi baru lahir ?
2.      Apa tujuan pemeriksaan bayi baru lahir ?
3.      Bagaimana prinsip pemeriksaan bayi baru lahir ?
4.      Apa itu Ballard score?
5.      Apa itu Apgar score?
6.      Bagaimana asuhan kepemeriksaan pada bayi baru lahir?

C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.         Untuk mengetahui pemeriksaanbayi baru lahir
2.         Untuk mengetahui tujuan pemeriksaan bayi baru lahir
3.         Untuk mengetahui prinsip pemeriksaan bayi baru lahir
4.         Untuk mengetahui asuhan kepemeriksaan pada bayi baru lahir
5.         Untuk mengetahui ballard score dan apgar score













Share this

Related Posts

Previous
Next Post »