1.
Kompetensi inti (KI) dan
kompetensi Dasar (KD)
KD dari KI 2 dicapai secara tidak langsung melalui
pembelajaran KD dari KI 3 dan KI 4
2.
Indikator
Indikator yang akan
dicapai pada tiap bagian dicontohkan berikut. (dapat dibuat indikator lain)
Bagian A
3.1 Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
baca
juga artikel : Pengertian,Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis Dan Contoh Teks Cerita Fantasi Lengkap DenganPembahasannya| Materi Siswa
Indikator
·
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari
segi isi dan tujuan komunikasi
·
pada teks yang dibaca/didengar.
·
Menentukan ciri teks deskripsi dari
aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
·
Menentukan jenis teks deskripsi pada
teks yang dibaca/didengar.
Bagian B
4.1 Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
·
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
·
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
Bagian C
3.2 Menelaah struktur
dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
Indikator
·
Merinci bagian-bagian struktur teks
deskripsi
·
menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
·
menentukan variasi pola pengembangan
teks deskripsi
· menelaah bagian struktur yang sesuai
untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
·
menentukan dan memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
baca juga artikel:
Mengetahui Petunjuk Umum, Karakteristik, PendekatanPembelajaran Dan Tahapan Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMP Kelas VII