TEKS DESKRIPSI: Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta Indikator dalam Belajar Mendeskripsikan Teks| Materi Siswa


1.    Kompetensi inti (KI) dan kompetensi Dasar (KD)

KD dari KI 2 dicapai secara tidak langsung melalui pembelajaran KD dari KI 3 dan KI 4



2.    Indikator
Indikator yang akan dicapai pada tiap bagian dicontohkan berikut. (dapat dibuat indikator lain)

Bagian A
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca


Indikator
·         Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi
·         pada teks yang dibaca/didengar.
·         Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
·         Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

Bagian B
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
·         Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
·         Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
Bagian C
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Indikator
·         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
·         menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
·        menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
·      menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
·         menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »