hallo sobat semua kali ini saya admin anggi setiawan akan membagikan ilmu keperawatan yang admin pernah pelajari semua askep dan pathway terangkum secara singkat dan menarik.semoga terbantu.
kali ini admin akan membagikan materi tentang pembuatan SAP pada TB
kali ini admin akan membagikan materi tentang pembuatan SAP pada TB
www.materikeperawatan.xyz |
Download PPtx TB Paru Di :
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
MATA AJARAN :
SISTEM PERNAPASAN
POKOK BAHASAN : TUBERKULOSIS PARU
SASARAN : MAHASISWAKELAS KHUSUS STIKES
SANTO BORROMEUS
WAKTU : 7 MENIT
HARI/TANGGAL : 3 DESEMBER 2014
PUKUL : 11.00 WIB
TEMPAT : RUANG KBK 5
PENGAJAR :
ANASTASIA IMAS ARIMAS
A. TUJUAN
1.
Tujuan
intruksional umum
Setelah
dilakukan pengajaran selama 7 menit diharapkan Mahasiswa kelas khusus mampu
memahami tentang penyakit Tuberkulosis Paru.
2.
Tujuan
intruksional khusus
Setelah
mendapatkan penjelasan Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan:
a.
Pengertian
Tuberkulosis Paru
b.
Etiologi
penyakit Tuerkulosis
c.
Klasifikasi
Tuberkulosis
d.
Penularan dan
faktor-faktor resiko
e.
Manifestasi
klinis
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
MATERI
a.
Pengertian
Tuberkulosis Paru
b.
Etiologi
penyakit Tuerkulosis
c.
Klasifikasi
Tuberkulosis
d.
Penularan dan
faktor-faktor resiko
e.
Manifestasi
klinis
2.
STRATEGI
PELAKSANAAN
a.
Persiapan
-
Menyiapkan
materi pembelajaran
-
Menyiapkan media
pembelajaran
b.
Pelaksanaan
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
RESPONS MAHASISWA
|
MEDIA
|
1.
|
Tahap pembukaan
a. Menyampaikan salam pembuka
b. Memperkenal kandiri
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1¢
|
a. Menjawab salam
b. Memperhatikan
c. Memperhatikan
|
Lisan
|
2.
|
Tahap informasi
a.
Memberikanpenjelasan pengertian dari penyakit Tuberkulosis Paru.
|
5¢
|
a. Mahasiswa memperhatikan materi yang disampaikan
|
Lisan
|
3.
|
Tahap penutup
a.
Menyampaikan hasil pembelajaran
b.
Memberikan
evaluasi secara lisan
c.
Salam
penutup
|
1ʹ
|
a. Memperhatikan
b.
Menjawab
pertanyaan
c.
Membalas
salam
|
Lisan
|
C.
SARANA PENUNJANG
I.
METODE: Ceramah
II. MEDIA : Laptop, LCD
D.
EVALUASI
I.
Struktur
a. Ruangan
kondusif untuk kegiatan pembelajaran
b. Peralatan
memadai dan berfungsi baik
c. Media
dan materi tersedia dan memadai
II. Proses
a. Ketepatan
waktu pelaksanaan
b. Peran
serta aktif mahasiswa
c. Faktor
pendukung dan penghambat pembelajaran
III. Hasil
a. Prosedur : lisan
b. Jenis : formatif
c. Bentuk
soal : tanya jawab
d. Soal-soal :
1. Jelaskan
apa pengertian Tuberkulosis Paru ?
2. Sebutkan
etiologi penyakit Tuberkulosis Paru ?
3. Sebutkan
manifestasi klinis penyakit Tuberkulosis ?